Membuat VPN Server Sendiri

Khairu Aqsara Sudirman

Khairu Aqsara Sudirman

Oct 23, 2019 — 3 mins read
Photo by <a href="https://unsplash.com/@lagopett" target="_blank">Petter Lagson</a> on <a href="https://unsplash.com" target="_blank">Unsplash</a>

Photo by Petter Lagson on Unsplash

Masih ingat kan kejadian pada bulan mei 2019 kemarin ? banyak akses ke beberapa media sosial dibatasi penggunaanya oleh pemerintah karean berbagai alasan, akibatnya banyak masyarakat tiba-tiba menjadi ahli dalam per-vpn-nan, banyak pesan bertebaran yang memberikan panduan agar bisa membuka aplikasi sosial media menggunakan aplikasi VPN yang gratis-an, akibatnya para ahli pun angkat bicara tentang kerugian menggunakan aplikasi atau layanan VPN yang gratisan, mulai dari perekaman kebiasan pengguna hingga pencurian data.

Saya bukan ahli dalam hal itu, saya juga setuju bila pembatasan akses kebeberapa media sosial dilakukan untuk mengurangi penyebaran berita yang belum tentu kebenaran-nya, saya juga setuju tentang tanggapan para ahli, namanya juga gratisan pasti lah ada kekurangan dalam pemberian layanan, tetapi bagaiman jika tidak gratisan ? atau menggunakan layanan yang berbayar ? well kembali ke diri masing-masing, jika penggunaan VPN hanya sekedar untuk browsing dan membuka situs yang di blokir sah-sah saja menurut saya, selama tidak melakukan aktifitas yang berkaitan dengan masalah privasi.

Dalam praktiknya, VPN hanyalah sebuah jembatan atau jalur lewat data khusus yang ada pada jaringan internet, maksudnya khusus adalah pada saat data di transmisikan(diantar) dalam bentuk tersandikan (enkripsi) untuk menjaga kerahasiannya dari jaringan publik.

Ilustrasi Jaringan VPN

Ilustrasi Jaringan VPN

Membuat VPN Server Sendiri

Berkaitan dengan masalah diatas, kita bisa membuat VPN server sendiri dengan begitu kita tidak perlu khawatir tentang kerugian yang dijabarkan oleh para ahli sebelumnya, karena kita menggunakan server milik sendiri, perlu saya ingatkan penggunaan VPN sejatinya bukan untuk membuka laman situs yang telah dibatasi oleh pemerintah(walapun banyak yang bertujuan untuk itu), tetapi saya pribadi lebih kepada privasi.

yang dibutuhkan untuk membuat VPN server sendiri hanyalah sebuah server murah, tidak perlu menggunakan server yang memiliki spesifikasi tinggi, karena penggunaanya hanya untuk keperluan jalur lewat data, banyak yang menjual VPS dengan harga yang cukup murah sekarang, tinggal memilih paket yang sesuai keinginan saja. yang perlu diperhatikan adalah posisi atau letak server secara geografis, maksud saya karena kita tinggal di indonesia carilah VPS yang berada dingera yang dekat dengan indonesia, apakah bisa menggunakan server indonesia ? bisa saja tetapi jika tujuan nya untuk membuka laman web yang dibatasi oleh pemerintah server yang secara geografis berada di indonesia tidak akan bisa, so pada akhirnya point ini akan kembali kepada tujuan masing-masing, untuk kebutuhan apa ? :)

Disini saya menggunakan openvpn-installer untuk Linux Ubuntu 18.04, tetapi bisa juga digunakan untuk Linux seperti Debian, Fedora, CentOS dan Arch Linux, dengan menggunakan installer ini kita bisa menginstall openvpn-server dalam hitungan menit.

Pertama Download script installernya, kemudian rubah permissionya menjadi executable, perlu diingat dalam menjalankan script ini harus pada mode root (super user)

wget https://github.com/khairu-aqsara/openvpn-install/blob/master/openvpn-install.sh
chmod +x openvpn-install.sh

kemudian script instalasinya tinggal dijalankan, dalam proses nya akan ada beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan konfigurasinya, kita cukup menjawab dengan menekan tombol y atau n pada keyboard, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Diakhir instalasi akan tercipta satu file dengan extensi .ovpn yang siap kita gunakan di laptop/komputer atau smartphone kita.

-rw-r--r-- 1 root root  2712 Oct 23 04:31 contoh-file-konfig.ovpn
-rwxr-xr-x 1 root root 37787 Oct 23 04:28 openvpn-install.sh

download file contoh-file-konfig.ovpn, kemudian gunakan openVPN Client untuk laptop/pc atau smartphone, secara otomatis kita sudah menggunakan VPN pribadi.

Terknoneksi dengan VPN Client di Smartphone dan Laptop

Terknoneksi dengan VPN Client di Smartphone dan Laptop

untuk lebih jelas tentang script installernya, teman-teman bisa langsung melihat isinya di https://github.com/khairu-aqsara/openvpn-install


vpn linux
Read this next

PHP Tanggal Format Indonesia

Dalam melakukan koding terkadang kita harus melakukan konversi format tanggal kedalam bahasa indonesia untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu, s...

You might enjoy

Pemrograman Object Oriented PHP Bagian II

Melanjutkan dari pembahasan sebelumnya, kali ini kita akan mencoba lebih mendalami OOP pada PHP, beberapa bahasan pada tulisan kali ini kita...