Async Dan Await Pada Javascript

Khairu Aqsara Sudirman

Khairu Aqsara Sudirman

Feb 19, 2020 — 1 min read

Sebelumnya kita sudah membahas dasar dari Javascript Promise, kali ini kita akan mencoba mengulik sedikit tentang Async dan Await pada Javascript, karena menurut saya semakin banyak nya library dari Javascript yang sudah menggunakan Async dan Await, jadi kita akan lebih mudah untuk menggunakan library-libray tersebut, terlebih lagi penggunaan Async dan Await lebih sederhana dari pada Promise.

Async/Await merupakan fitur yang hadir pada ES2017, dengan adanya fitur ini kita bisa menjadi lebih mudah dalam manangani proses Asyncronous, karena setiap method yang menggunakan fitur ini tidak akan langsung memberikan hasilnya tetapi akan menunggu hingga proses selesai dilakukan dalam scope tertentu.

Keyword Async merupakan sebuah fungsi yang jika kita tambahkan didepan sebuah method maka method tersebut secara otomatis akan menjadi method Asyncronous, sedangkan await akan menunda eksekusi hingga proses Asyncronous tersebut selesai, misalnya

const viewBerita = async () => {
	hasil = await RequestBerita()
	console.log(hasil)
}

Dari baris kode diatas, kita bisa mengartikan console.log(hasil) akan di eksekusi ketika proses RequestBerita() sudah selesai di eksekusi.

untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan contoh yang lebih realistis dalam penerapanya.

const requestBerita = async () => {
	try{
		let response = await fetch(EndpointBerita)
		response = await response.json()
		console.log(response)
	}catch(error){
		console.log(error)
	}
}

Cukup simple bukan ? Async dan Await sangat sering digunakan dalam hal proses request ajax, terutama jika teman-teman bekerja dengan menggunakan ES2017.

javascript
Read More

Geospatial Toolkit With MAUP

maup is the geospatial toolkit for redistricting data. The package streamlines the basic workflows that arise when working with blocks, precincts, and districts

Read More

Promise Pada Javascript

Agar mudah untuk memahaminya, kita bisa membuat sebuah analogi tentang Promise ini, misanya kita sedang berjalan-jalan dengan si doi, kemudian kita bertemu dengan persimpangan jalan, kemudian si doi bertanya, yang kita ambil jalan yang mana ? hm.... tentunya kita punya beberapa pilihan bukan ? lurus, belok kanan ? belok kiri ? atau berhenti ?