Mengganti Alamat Existing GIT Repository

Tentu saja teman-teman sudah terbiasa dengan GIT, biasanya pada setiap repository GIT terdapat dua model URL, yaitu model https dan shh, terkadang kita melakukan cloning menggunakan url https, tidak menggunakan ssh

Mendeteksi User Online dengan Middleware di Laravel

secara umum, saat proses authentication berhasil, laravel akan menyimpan semua session user yang sedang login, tetapi session tersebut hanya bisa diakses oleh yang berhak saja (yang sedang login) untuk menentukan hak atau akses apa saja yang bisa didapatkan oleh user tersebut.

Membuat Backup Database Otomatis pada Laravel

Pada dasarnya, proses backup merupakan satu workflow yang harus dilakukan dalam pemeliharaan sebuah aplikasi, dengan tujuan untuk menghindari kehilangan data, sejatinya proses ini bisa dilakukan secara manual, semi otomatis maupun full otomatis, tergantung dari sudut mana kita melihat kemudahanya.

__get() dan __set() Pada Laravel Model

Magic method secara default ada pada semua class yang didifinisikan oleh PHP, hanya saja sebagian tidak terlihat, yang paling umum adalah __construct() atau __desctruct(), saya tidak akan menjelaskan semua tentang magic method pada tulisan ini, karena saya ingin lebih fokus kepada laravel model.

Memanfaatkan Query Scope Pada Laravel

Scopes adalah sebuah method yang dapat membuat kita bisa menambahkan database logic tambahan pada model dengan cara yang lebih terstruktur, dengan tujuan membuat penulisan kode pada model dan controller menjadi lebih rapi dan cantik tentunya.

Subdomain Routing Pada Laravel

Misalnya, saya punya aplikasi dengan alamat domain beritaku.xyz kemudian saya ingin backend dari aplikasi hanya bisa diakses melalui subdomain backend.berita.xyz, kira-kira begitulah kasusnya ya, saya rasa teman-taman pasti faham maksudnya.

PHPUnit Untuk Pemula Bagian Kedua

Jika kita terjemahkan kedalam bahasa sederhana, kita bisa meng-anggapnya sebagai penyuplai data atau penyedia data atau pengatur data, pada unit testing jika kita menggunakan data provider kita bisa mempersingkat penulisan kode untuk test. penggunaan data provider ini menggunakan notasi atau annotation @dataProvider

PHPUnit Untuk Pemula Bagian Pertama

ketika kita memperbaiki suatu bug bisa jadi kita membuat bug baru, melakukan testing dan memeriksa setiap input dan output akan meminimalisir terjadinya bug yang tidak diketahui.

Fungsi firstOr dan updateOr pada Laravel

Jika teman-teman sudah terbiasa menggunakan Laravel, tentu saja sudah tidak asing dengan fungsi-fungsi Elequent seperti make(), update(), create() dan save(). Tetapi teman-teman sudah tau belum jika selain fungsi itu ada beberapa fungsi tambahan yang berguna untuk menambah maupun merubah data dengan cara yang lebih sederhana yang diawali dengan keyword firstOr dan updateOr ?